Total Pageviews

Sunday, February 7, 2016

SURAT LAMPIRAN RESIGN (Legalisir Verklaring)

Guna memenuhi syarat klaim/e-klaim bpjs per 1 september 2015 dmn syarat tambahannya  adalah melampirkan surat keterangan resign dari perusahaan ke disnaker cc bpjs ketenagakerjaan tak ayal syarat ini menjadi problem tersendiri bagi pekerja karena tidak semua eks perusahaan yg mau bela-belain mantan karyawannya spt yg ane alamin dimana perusahaan lepas tangan bahkan terkesan cuek klo saya bilang bodoh dgn tidak tahu aturan kan ga mungkin jg krn bliau-bliau itu adalah staf management sbuah perusahaan walaupun bgtu msh ada juga yg mengerti dan peduli dgn memberikan surat lampirannya kpd pekerja.
Nah buat para mantan karyawan yg lagi bimbang dan galau soal persyaratan tambahan itu ga perlu kuatir atau sampai menjelek-jelekan eks perusahaan krn bisa berakibat pencemaran nama baik perusahaan itu dan bisa dipastikan hukum lagi aja urusannya 😬, berikut pengalaman ane dapat surat lampiran resign dari disnaker.
Awalnya ane minta tolong sama staf HRD eks perusahaan ane setelah nunggu jawaban ampir sminggu gada jawaban ane konfirmasi lagi dan jawaban yang ane terima sungguh membuat pesimis bahkan ga tau mau ngambek ama sapa.
Nyari-nyari mbah google ada artikel JHT dan di sebuah comment disebutkan bahwa verklaring itu bisa di legalisir ke disnaker, pas lagi semangat" nya ane coba tlp ke disnaker wilayah perusahaan inget ya Disnakernya harus satu wilayah dengan eks perusahaan kita setelah dapat jawaban dr disnaker aye prepare brangkat dari Bandung ke Jakarta bayangin gan cuma buat minta itu Surat Lampiran aja 😉 tapi mengingat nilai yang akan didapatkan maka ane bela-belain berangkat Bandung-Jakarta 😆 nyampe di disnaker yg bertempat di komplek walikota Jakarta Barat waktu itu ane langsung ke bagian front office atau PAMDAL klo gedung pemerintah mah 😊  diarahkan ke gedung B lantai 6, ehh iya jangan lupa bawa verklaring asli sama copy-an nya 2 lembar buat di stemple legalisir ya supaya ga naik turun lift udah gtu tempat photocopy-an jauh pula.
Kalau perusahaan yang mengurus memang dapatnya adalah Surat Lampiran Resign berupa Surat Tanda Terima gtu tp klo pribadi yg ngurus ya cuma dapat legalisiran aja semisal legalisir di ijazah gtu ada No Surat Lampiran serta Cap Disnakernya. 
Saran aja bwt rekan-rekan mantan karyawan yang udah mudik kampung seperti ane buat dapat legalisiran itu ga harus datang sendiri juga ko iya klo Bandung-Jakarta lah Kalo Lampung-Jakarta pie atau bahkan lebih jauh lagi ya berat di ongkos kan, caranya bisa minta tolong sodara atau kawan dekat kita yang masih tinggal/kerja di wilayah tersebut buat legalisir tu verklaring ke Disnaker soalnya pas minta legalisir itu syaratnya cuma verklaring asli sama copy nya 2 lembar jd ga ada tuh ditanya identitas diri sgala macam.
Sekian pengalaman ane ngurus Surat Lampiran Resign Disnaker.
Semoga bermanfaat bwt rekan-rekan mantan karyawan dimanapun berada.

4 comments:

  1. wah
    sangat informatif sekali mas
    makasih atas infonya...

    nasibnya sama kayak saya
    cuma bedanya saya domisili di Jogja

    tapi cukup dengan legalisir bpjs udah mau menerima mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. unt persyaratan ke Bpjs spt biasanya cm ditambah legalisiran aja di perklaring nya mas. klo persyaratan ke Disnakernya cm Kopi Perklaring rangkap 3, ga pake KTP atopun KK dsb.

      Delete
  2. wah, di komplek walikota jakarta barat ya.. siap, saya juga daerah sana soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di komplek walkot, tinggal tanya ke Pamdal aja nanti diarahkan ke gedung 2.

      Delete